Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta (27/08/2024) – Pada hari pertama rangkaian Pekan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PEKANLIT) Tahun 2024 diadakan Workshop & Talkshow yang bertajuk “Mencapai Kesuksesan Bisnis Melalui Kolaborasi Strategis dan Pemanfaatan Digitalisasi”. Workshop ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dibawakan oleh Indah Darapuspa yang merupakan seorang mentor Digital Marketing.

Dalam workshop yang dibawakannya, Indah Dara Puspa menekankan alasan mengapa pelaku usaha harus menggunakan media digital. “Menggunakan media digital memungkinkan kita untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan melakukan pemasaran dengan lebih efisien,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa media digital juga memperluas kanal penjualan, membangun reputasi untuk menarik mitra bisnis, dan memberikan rekaman data pelanggan yang dapat dimanfaatkan untuk strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. “Dengan data yang ada, kita bisa lebih fokus pada target market yang sesuai, meningkatkan kepuasan, dan loyalitas pelanggan,” jelasnya.

Narasumber Indah Dara Puspa Memberikan Pengarahan

Melihat pada kondisi pasar saat ini, Indah menyebutkan bahwa platform ecommerce seperti Shopee menjadi salah satu yang paling banyak digunakan di Indonesia. “Kita harus pintar memanfaatkan platform ini untuk mendukung strategi pemasaran kita,” kata Indah.

Indah Dara Puspa juga memaparkan strategi marketing digital yang efektif, dimulai dari meningkatkan awareness dengan membuat iklan di media digital. Tahap berikutnya adalah consideration, di mana optimasi website menjadi kunci. Analisis kompetitor diperlukan agar pelaku usaha bisa mengisi celah yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Setelah itu, masuk ke tahap action di mana konsumen melakukan pembelian. Pentingnya Customer Relationship Management (CRM) juga ditekankan oleh Indah, karena menyediakan data terpusat yang berguna untuk memahami perilaku konsumen. “Tahap loyalty bisa diupayakan dengan memberikan reward dan mendorong keanggotaan, sementara di tahap decision, kita harus mampu memberikan solusi nyata bagi konsumen,” tambahnya. Untuk menarik minat (interest), Indah menyarankan penggunaan artikel, landing page, dan video tutorial.

Indah juga menjelaskan tujuan utama dari penggunaan media digital dan media sosial dalam pemasaran. “Media digital dapat mengenalkan dan mempromosikan produk dengan cara yang lebih interaktif dan visual, serta membantu membentuk identitas produk melalui bahasa, gaya, dan visual yang konsisten,” ujarnya. Media digital juga melibatkan konsumen untuk meningkatkan engagement, mengedukasi tentang kelebihan produk, harga, kualitas, dan proses. Selain itu, media digital bisa menyakinkan konsumen, memudahkan proses pembelian, dan membentuk loyalitas konsumen.

Namun, Indah mengingatkan bahwa digital marketing tidak akan optimal jika tidak melibatkan tiga hal penting: buyer persona, copywriting, dan strategi digital marketing yang relevan. “Kita harus punya kejelasan tentang buyer persona agar pemasaran menyasar target yang tepat,” tegasnya. Indah juga menekankan pentingnya copywriting yang jelas dan menarik agar pelanggan tidak beralih. Strategi digital marketing yang relevan dan sesuai dengan pasar target adalah kunci keberhasilan.

Di akhir workshop, Indah Dara Puspa menekankan bahwa memahami dan mengimplementasikan digital marketing dengan baik dapat memberikan manfaat besar bagi UMKM, terutama dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital ini. “Mari kita manfaatkan media digital untuk memajukan bisnis kita dan mencapai pasar yang lebih luas,” tutupnya dengan semangat.

Foto Bersama Kegiatan “Mencapai Kesuksesan Bisnis Melalui Kolaborasi Strategis dan Pemanfaatan Digitalisasi”
×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?