LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta (21/07/2023) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta mendapatkan undangan untuk hadir dalam Kick Off  Forum Komunikasi Riset dan Inovasi (FKRI) pada hari Kami, 20 Juli 2023, Selain itu LPPM UPNVJ juga diundang untuk terlibat dalam penilaian usulan kajian kebijakan dan survei data dari Kementrian/Lembaga.

Kegiatan pertama dilaksanakan di Auditorium Gedung Widya Graha Lantai 2, BRIN Kawasan Gatot Subroto, Jakarta. Pada kegiatan ini dijelaskan tentang FKRI yang merupakan ajang komunikasi antara Kementerian/Lembaga (K/L) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bersama dengan Kementerian Koordinator, Kementerian Keuangan, Bappenas dan Perguruan Tinggi dalam mengagendakan kebutuhan kajian kebijakan, riset dan inovasi dari setiap K/L, industri dan daerah.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyampaikan FKRI memiliki peran strategis bagi ekosistem riset dan inovasi di Indonesia. Beliau juga menjelasakan BRIN telah menyiapkan tiga inovasi untuk meningkatkan kualitas dan dampak FKRI yaitu Melakukan kolaborasi dari sisi pendanaan, data dasar, dan sarana prasarana riset dan inovasi. BRIN akan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan dan Bappenas untuk mengalokasikan anggaran riset dan inovasi secara optimal, sesuai dengan kebutuhan kajian kebijakan dari setiap K/L., Menempatkan empat Kementerian Koordinator sebagai koordinator FKRI, untuk memastikan keselarasan agenda riset dan inovasi dengan prioritas pembangunan nasional, BRIN akan menyesuaikan isu-isu strategis FKRI dengan prioritas nasional, yang telah ditetapkan oleh Presiden dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Pada kick off ini, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito mengatakan, luaran FKRI diharapkan mampu mengurangi kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan, penguatan daya saing usaha, pembangunan rendah karbon dan transisi energi, percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas, percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Pada kegiatan kedua yang diselenggarakan pada hari Jum’at, 21 Juli 2023 di Gedung B.J. Habibie Jakarta Pusat dibahas terkait peran perguruan tinggi. FKRI berharap perguruan tinggi terlibat dalam penilaian proposal yang diajukan 4 kementrian yaitu Kemenko PMK, Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian dan Kemenko Marves yang akan diselenggarakan pada 24-27 Juli 2023. LPPM UPN Veteran Jakarta akan menilai usulan dari Kemenko PMK dan Kemenko Perekonomian.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?