LPPM
Share this info

UPN “Veteran” Jakarta bekerjasama dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan Sanggar Bimbingan di Kuala Lumpur menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional. KKN Internasional dilaksanakan selama 25 hari yang dimulai dari tanggal 27 November -19 Desember 2023.

Kegiatan KKN Internasional bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang setara bagi anak-anak Indonesia di Kuala Lumpur yang tidak mendapatkan pendidikan formal. Kegiatan KKN Internasional dibuka dengan penyerahan mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta ke SIKL sebelum ditempatkan di sanggar masing-masing.

Program KKN yang dilakukan ialah mengajar di Sanggar Bimbingan. Setiap 1 mahasiswa ditempatkan di 1 sanggar bimbingan yang berbeda. Kegiatan mengajar dibagi menjadi kelas pagi dan kelas petang. Kelas pagi dilaksanakan setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09:00 sampai 12:30 waktu Malaysia sementara kelas petang dimulai pukul 13:00 – 17:00 waktu Malaysia.

Tim KKN Internasional UPNVJ yang terdiri Muhammad Tsany Nur Iman Kurbiana (Teknik Informatika), Sabrina Retalia (Teknik Perkapalan), Andriani Atmawardini (Teknik Perkapalan), dan Muhammad Faiz Syakir (Teknik Perkapalan) mengajarkan mengenai materi-materi dasar mulai dari membaca, menulis, dan berhitung untuk siswa kelas 1 dan 2 SD. Ditambah dengan pengetahuan tentang ke warganegaraan
seperti nilai-nilai dalam Pancasila dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Selain itu para mahasiswa juga memberikan pengenalan terhadap budaya Indonesia, seperti mengenalkan Tarian Daerah pada siswa siswi dengan menari didepan kelas
secara bersama sama. Menyebutkan nama-nama suku dan asal daerah, lagu wajib nasional dan daerah, pengenalan pakaian adat daerah, pengenalan macam-macam pola batik sekaligus cara pembuatannya, dan membuat origami.

Tim KKN Internasional UPNVJ juga menanamkan sikap disiplin pada siswa-siswi di sanggar bimbingannya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan pribadi  mandiri dan tangguh para siswa/i.

Di Sanggar para tim juga membimbing siswa/i untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan melakukan olahraga rutin setiap hari jum’at.

Tim KKN Internasional UPNVJ juga membuat kenang-kenangan untuk siswa/i di sanggar bimbinganya dengan membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Melalui KKN Internasional diharapkan para siswa/i Sanggar Bimbingan Kuala Lumpur, Malaysia dapat menjadi pribadi yang mandiri, tanggung jawab dan dapat berguna bagi nusa dan bangsa nantinya.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?