LPPM
Share this info

berita.depok.go.id- Upaya menjalin kerja sama antara UPN Veteran Jakarta dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Dadang Wihana menjelaskan terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pembangunan daerah di Kota Depok. Hal ini untuk memberikan gambaran agar kerja sama yang akan dilakukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Pemkot Depok.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pembangunan daerah di Kota Depok mencakup tiga hal yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ketiganya saling berkesinambungan,” ujarnya, usai menjadi narasumber kegiatan Lembaga Peneliti dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Gedung Rektorat Kampus UPN Veteran, Jakarta Selatan, kemarin (22/08/22).

Terkait pendidikan, lanjutnya, perguruan tinggi sebagai pusat pendidikan harus mampu memproses dan menghasilkan output Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing, mandiri dan mampu masuk pasar kerja/ membuka lapangan kerja, sehingga dapat menyelesaikan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Kemudian, menjalin kerja sama dosen tamu dari praktisi pemerintahan.

“Dari sisi penelitian, Kota Depok dapat dijadikan laboratorium penelitian (dosen dan mahasiswa), dengan tema seluruh urusan pemerintahan dan isu strategis perkotaan. Lalu, menjalin kerja sama penelitiaan dan inovasi antara perguruan tinggi dengan pemerintah kota serta melakukan gelar penelitian,” terangnya.

Sedangkan dari sisi pengabdian masyarakat, kata Dadang, Kota Depok dapat dijadikan lokus Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik mahasiswa. Kemudian, implementasi kampus merdeka, melalui pemagangan pada tema-tema penyelesaian masalah perkotaan. Serta, melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan teknis yang disesuaikan dengan potensi daerah dan potensi ekonomi kreatif Kota Depok.

“Pengabdian masyarakat juga bisa dilakukan dengan pendampingan Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk meningkatkan produktifitas ekonomi masyarakat. Lalu, pendampingan transformasi digital (pemerintah kecamatan/kelurahan dan masyarakat),” terangnya.

“Terakhir menjadikan kampus sebagai lembaga terbuka yang bisa diakses dan berkolaborasi dengan seluruh aktor pembangunan,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

Sumber : https://berita.depok.go.id/jalin-kerja-sama-upn-veteran-dengan-pemkot-depok-kepala-bappeda-jelaskan-tri-dharma-perguruan-tinggi