LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta, (2/9/2022), LPPM UPN “Veteran” Jakarta melakukan kunjungan studi banding ke Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Dalam kata sambutannya, Ketua LPPM UPN “Veteran” Jakarta, Dr. Sri Lestari Wahyuningroem mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan sambutan yang ramah dari pihak DRPM Universitas Padjajaran.

“Terima kasih karena kami sudah diberikan kesempatan untuk dapat melakukan studi banding dengan Universitas Padjajaran. Melalui kegiatan studi banding ini, kami harap dapat berdiskusi terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Dr. Sri Lestari Wahyuningroem.

Kemudian, kegiatan berlanjut dengan pemaparan profil dan juga data-data terkait penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan kedua belah pihak. Menariknya, Universitas Padjajaran menerapkan peraturan bahwa setiap dosen wajib melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang saling berkesinambungan.

“Biasanya yang sering terjadi para dosen melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara terpisah. Sebab itu, dari Universitas Padjajaran mewajibkan riset setiap dosen harus diaplikasikan dalam pengabdian kepada masyarakat,” ujar Prof. Rizky Abdullah, Ph.D.,Apt.

Lebih lanjut  Prof. Rizky Abdullah juga mengatakan, setiap dosen bisa mendapatkan hibah setelah menyelesaikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut. “Nanti setiap dosen akan mendapatkan remunerasi yang di dalamnya sudah masuk semua insentif,” tambahnya.

Prof. Rizky Abdullah juga menjelaskan bahwa terdapat DRPM di tingkat Fakultas yang sangat berperan dalam mendukung dan juga memfasilitasi penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen.

Setelah itu, DRPM dari setiap Fakultas Universitas Padjajaran akan mengumpulkan data terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat setiap bulannya.

“Jadi nanti terdapat verifikasi dari pihak Fakultas dan juga Universitas. Dengan kerja sama ini membuat alur pengajuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih terarah,” kata Prof. Rizky Abdullah.