LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta, (26/08/2022), Kegiatan Pekan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat hari kelima mengangkat seminar tentang Nasional Peran Penerbitan Buku Ilmiah Dalam Mendukung Produktivitas Publikasi di Perguruan Tinggi dengan tema “Membangun Sinergi Penta-Helix Dalam Rangka Meningkatkan Relevansi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Acara berlanjut dengan launching LPPM Press secara langsung oleh Rektor UPN “Veteran” Jakarta, Prof. Dr. Erna Hernawati bersama Ketua LPPM Dr. Sri Lestari Wahyuningroem. Tak hanya itu saja kegiatan seminar juga diisi oleh  Hikmat Kurnia (Ketua IKAPI DKI Jakarta) dan Bahren, S.S., M.A (Dosen Fakultas Ilmu Budaya, UNAND), dan dimoderatori oleh Faizi, M.Si., Ph.D (Kepala Pusat HKI dan Publikasi LPPM).

Kegiatan terakhir Pekan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat hari Jumat ini berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta. Acara hari ini dibuka oleh Disa Prihantini selaku MC dan guna kelancaran acara, kegiatan pagi ini diawali dengan dengan pembacaan doa lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara.

Setelah itu sambutan dan pembukaan oleh Ketua LPPM UPN Veteran Jakarta Dr. Sri Lestari Wahyuningrum. Dalam sambutannya, Ketua LPPM tersebut mengatakan bahwa adanya bayi baru yang terdapat dalam LPPM, yaitu LPPM Press. Kegiatan dilanjutkan oleh sesi pemaparan oleh para narasumber.

Sesi pemaparan materi pertama akan disampaikan oleh Hikmat Kurnia selaku Ketua IKAPI DKI Jakarta mengenai Peran Penerbitan Buku Ilmiah dalam Mendukung Produktivitas Publikasi di Perguruan Tinggi. Dalam materi ini terdapat point penting yaitu Buku memiliki beberapa nilai, yaitu nilai kebenaran, nilai kebaikan (berdampak, berdaya, bermanfaat), nilai keindahan (gaya penulisan & penyampaian, judul yang memikat, tata letak, desain sampul, dsb), nilai komersial (berhubungan dengan manajemen penerbitan).

Selanjutnya pemaparan sesi pertama, dilanjutkan sesi pemaparan kedua oleh Bahren, S.S., M.A selaku Dosen Fakultas Ilmu Budaya, UNAND yang menyampaikan materi mengenai yang bisa ditulis oleh dosen, mahasiswa, dan gabungan yaitu dosen dan mahasiswa. Tak lupa juga dilakukan tanya jawab dengan seluruh peserta dan narasumber.

Kegiatan diskusi ini ditutup dengan closing statement yang disampaikan oleh Hikmat Kurnia dan Bahren. Ketua IKAPI, Hikmat Kurnia mengatakan bahwa Indonesia saat ini merupakan negara yang kekurangan buku karena dalam 1 bulan tidak lebih dari 6.000 buku. Apabila dibagi dengan jumlah rata jumlah buku dicetak hanya sebesar 2.000 dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak kurang lebih 280 juta jiwa.

Closing statement pemaparan kedua narasumber adalah semua orang sebenarnya dapat menulis jika memiliki kemauan. Karena tidak akan lahir buku yang baik tanpa bacaan sebagaimana buku adalah gizi oleh karena itu membutuhkan asupan yang baik. Setelah penyampaian closing statement dan kesimpulan, dilanjutkan dengan penutupan yang dilakukan oleh Rektor sekaligus melakukan launching atas LPPM Press. Acara terakhir Pekan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini dituutp oleh pengumuman lomba poster dan video, sesi foto bersama, dan penutup oleh MC.