LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta, (27/03/2022), Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan menjadi salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) yang ditujukan untuk seluruh Universitas Negeri di Indonesia.

KKN Kebangsaan sendiri merupakan kegiatan akademik yangmengintegrasikan kurikulum dan pengalaman belajar mahasiswa dengan realitas kehidupan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pengembangan softskill dan kematangan kepribadian mahasiswa guna menumbuhkan jiwa kebangsaan.

Pada tahun 2023 ini, KKN Kebangsaan dilaksanakan di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Sambas dan Bengkayang. UPN “Veteran” Jakarta sebagai salah satu Universitas Negeri di Indonesia juga turut mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelumnya, Sekretaris dan Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LPPM telah menghadiri Rapat Koordinasi dan Kunjungan Lapangan KKN Kebangsaan XI. Tindak lanjut dari kegiatan tersebut ialah LPPM mengadakan sosialisasi dengan para Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan setiap fakultas.

Pertemuan secara daring ini dipimpin oleh Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Firlia Ayu Arini. KKN Kebangsaan tahun 2023 tersebut mengusung tema “Meneguhkan Nilai – Nilai Kebangsaan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI Di Wilayah Perbatasan Negara di Kalimantan Barat”.

Melalui kegiatan sosialisasi ini Dr. Firlia Ayu Arini menjelaskan mengenai persyaratan untuk mahasiswa. Adapun persyaratannya, yaitu surat izin orang tua, mahasiswa aktif UPN “Veteran” Jakarta, dalam keadaan sehat, berkelakuan baik, telah menempuh minimal 100 sks, dan memiliki IPK minimal 3.00.

“Proses pendaftaran mahasiswa KKN Kebangsaan ini dibuka sejak tanggal 27 Maret sampai dengan 29 Maret 2023. Kemudian akan dilanjut dengan proses seleksi sampai tanggal 31 Maret 2023,” kata Dr. Firlia Ayu Arini.

Lebih lanjut kegiatan KKN Kebangsaan ini terhitung mulai dari 18 Juli 2023 hingga 21 Agustus 2023. “Mahasiswa KKN Kebangsaan ini juga akan mendapat konversi SKS yang akan kami informasikan lebih lanjut,” ujar Dr. Firlia Ayu Arini.

Dr. Firlia Ayu Arini juga menambahkan, dalam KKN Kebangsaan tahun 2023 ini terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian utama, seperti upaya peningkatan indeks desa membangun Kabupaten Bengkayang. Selain itu fokus lainnya, yaitu percepatan penetapan dan penegasan batas desa, pendampingan badan usaha milik desa (BUMDes), percepatan penyaluran dana desa, dan Pilkades 36 Desa.

Mahasiswa peserta KKN Kebangsaan tahun 2023 ini akan disebar di 92 desa yang berada di Kabupaten Sambas yang terdiri dari 19 Kecamatan dan 42 Desa. Kemudian sebagian Mahasiswa lainnya juga akan disebar di Kabupaten Bengkayang dengan 17 Kecamatan dan 50  Desa.  

“Kami harap Bapak/Ibu Wakil Dekan bisa mengikutsertakan para Mahasiswanya dalam kegiatan KKN Kebangsaan tahun 2023 ini,” tutup Dr. Firlia Ayu Arini.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?