LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta (22/12/2022), Pusat Kajian Bela Negara UPN “Veteran” Jakarta meluncurkan dua buku yang berjudul “Bela Negara dalam Perspektif Publik” dan “Menalar Bela Negara: Survei Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Bela Negara di Era Digital”.

Ketua Puska Bela Negara UPNVJ, Dr. Ridwan,  berdasarkan pada survei data dan analisis mendalam mengenai bela negara terlihat bahwa semangat nasionalisme, patriotisme, dan bela negara, khususnya di kalangan generasi muda mengalami penguatan.

Hasil survei juga menunjukkan media baru berperan besar dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan melalui pebincangan di media sosial. Senada dengan hal itu, Dr. Ridwan menilai pentingnya pembinaan kesadaran bela negara di era digital.

 “Maka dari itu dengan buku-buku ini kami berharap bisa membangun dan menguatkan jiwa bela negara seluruh kalangan muda dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia melalui berbagai upaya konstruktif dan partisipatif,” 

Diskusi yang dipandu oleh Anggi Angga Resti ini juga menghadirkan Ujang Komarudin sebagai pembicara. Pengamat politik ini melihat buku Bela Negara tersebut merupakan karya terobosan para akademisi UPN Veteran Jakarta.

Buku tersebut mengombinasikan antara kekuatan teoritik dan empirik. Buku ini juga merupakan penggabungan atau sinergitas antara kekuatan teoritik kekuatan textbook dan kekuatan lapangan kekuatan survei itu.

Hasil kerja bersama tersebut membuat buku ini memiliki otoritas yang kuat terhadap keilmuwan tentang bela Negara. “Harapan kami juga seluruh pihak dapat bersama dan berkolaborasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” tutup Dr. Ridwan.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?