LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta – Tahun 2045 adalah momentum penting dimana Indonesia sebagai sebuah negara yang berdaulat mencapai usianya yang ke 100 tahun. Harapan besar bangsa ini adalah mencapai Indonesia gemilang, Indonesia emas, di tahun tersebut. Ada banyak hal yang harus disiapkan agar negara dan bangsa ini semakin kuat dan unggul. Salah satunya adalah menyiapkan dan menerapkan prinsip dan kesadaran bela negara yang relevan mendukung kemajuan bangsa.

Bela negara mengalami perkembangan mengikuti dinamika social politik budaya di Masyarakat. Dibandingkan dengan masa di awal kemerdekaan, bela negara hari ini dibutuhkan untuk menghadapi sejumlah tantangan nasional dan global. Dalam hal ini, adalah sebuah kebutuhan untuk memaknai kembali serta melakukan orientasi ulang terhadap konsep dan pemahaman bela negara.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta bekerjasama dengan Universitas Pertahanan (UNHAN), UPN “Veteran” Yogyakarta, UPN “Veteran” Jawa Timur, dan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) menyelenggarakan Seminar Nasional setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Bela Negara. Tema yang diangkat di tahun ini adalah “Reorientasi Konsep Bela Negara dalam Kerangka Indonesia Emas”. Dalam pelaksanaanya, seminar ini dilakukan secara hybrid yang berlangsung di Zoom Meeting (Online) dan Auditorium Bhineka tunggal Ika UPN “Veteran” Jakarta (Offline).

Dalam Laporannya, Ketua LPPM UPN “Veteran” Jakarta, Dr. Sri Lestari Wahyuningroem menjelaskan bahwa seminar ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan orientasi kembali dari konsep bela negara yang lebih relevan.”Selain untuk memperingati Hari Bela Negara pada hari ini, 19 Desember 2023. Kami menyelenggarakan seminar ini sekaligus dengan tujuan untuk membuka ruang publik guna membahas perlunya mendefinisikan dan melakukan orientasi kembali dari konsep bela negara yang lebih relevan dan dibutuhkan menuju Indonesia emas 2045. Semoga dengan adanya kegiatan yang luar biasa ini, kita bisa memberikan manfaat kepada kurang lebih 400 peserta yang hadir baik online ataupun offline” tuturnya (19/12).

Tiga Narasumber hebat dihadirkan dalam Seminar Bela Negara kali ini, yaitu Dr. Anter Venus, MA.Comm (Rektor UPN “Veteran” Jakarta) yang membawakan materi terkait dengan “Bela Negara Nirmiliter untuk Indonesia Emas 2023”. Narasumber kedua yaitu, Chusnul Mar’iyah, M.Sc.,Ph.D (Dosen Universitas Indonesia) yang membawakan materi terkait dengan “Tantangan Bela Negara dan Kedaulatan Ekonomi Politik dalam Perubahan Global”, serta Narasumber ketiga yaitu Dr. Restu Gunawan, M.Hum yang membawakan materi terkait dengan “Pemajuan Kebudayaan Reorietasi Bela Negara”.

Seminar Bela Negara ditutup dengan Soft Launching Indeks Bela Negara (IBN) yang dilaunching oleh Dr. Anter Venus, MA.Comm dan Tim Puska Bela Negara yaitu Dr. Ridwan dan Danis Tri Saputra Wahidin, M.I.P

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?