LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta, (26/05/2023), Perkembangan bisnis yang inovatif menjadi faktor penting dalam era globalisasi saat ini yang dapat mempermudah kehidupan manusia. Sejalan dengan kemajuan tersebut, penting bagi semua kalangan untuk memperluas wawasan dan menerapkan pengetahuan, terutama dalam penggunaan teknologi untuk mendukung kemajuan bisnis.

Dalam rangka memperluas wawasan dan pengetahuan dalam bisnis, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN “Veteran” Jakarta bersama Pemerintah Kota Depok menggelar Workshop LPDP Business Competition 2023 #5ME2045.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam penyusunan proposal ide bisnis serta simulasi pitching bisnis dengan dukungan mentor berpengalaman. Wahid Chandra Daulay, S.I., M.IntR, Koordinator Regional Jakarta-Banten LPDP, menyoroti pentingnya peran wirausaha dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan inovasi.

Menurut data alumni LPDP tahun 2020, hanya 70% alumni LPDP yang menjadi wiraswasta sehingga diperlukan peningkatan angka ini. LPDP berkomitmen untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa dengan pembentukan pabrik wirausaha yang melibatkan komunitas wirausaha dan inkubator akselerator investor. Workshop ini menjadi salah satu kegiatan yang mendukung visi tersebut.

“Negara yang hebat adalah negara yang memiliki banyak pengusaha, karena mereka memiliki peran penting dalam mengatasi kemiskinan dan mengubah lapangan kerja,” ujar Andi Hidayanto, P.hD. Direktur Utama LPDP.

Direktur Utama LPDP tersebut juga mengajak anak muda Indonesia untuk berwirausaha dan berkontribusi dalam memajukan negara. Andi Hidayat juga mengundang seluruh peserta untuk menyampaikan informasi tentang acara ini kepada keluarga dan rekan-rekan sekalian.

“Melalui kegiatan ini, para peserta memiliki kesempatan untuk merintis bisnisnya masing-masing dan bagi pemenang akan mendapat hadiah utama berupa uang tunai, bertemu dengan venture capitalist alumni LPDP, dan mengikuti kursus bahasa Inggris di luar negeri selama tiga bulan,” kata Andi Hidayanto, P.hD. Direktur Utama LPDP.

Lebih lanjut, Dr. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ, Wakil Rektor 3 UPN “Veteran” Jakarta, juga menamahkan bahwa Indonesia akan memiliki 5 juta calon entrepreneur di tahun 2045. Wakil Rektor 3 UPN “Veteran” Jakarta tersebut juga mengungkapkan kebanggaannya atas kolaborasi kegiatan business competition ini bersama LPDP dan Pemerintah Kota Depok.

“Bersama dengan kegiatan ini maka perlu adanya pemahaman, pelatihan, dan permodalan untuk mendukung dunia usaha entrepreneur muda yang terus berkembang,” ujar Dr. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ, Wakil Rektor 3 UPN “Veteran” Jakarta.

Dalam Workshop LPDP Business Competition 2023 #5ME2045 menunjukkan adanya peran penting dari teknologi dalam kemajuan bisnis. Penggunaan teknologi menjadi salah satu faktor yang harus dipahami dan diterapkan oleh peserta dalam mengembangkan bisnis mereka. Dalam workshop ini, para peserta akan diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam aspek bisnis.

Selain itu, Kegiatan workshop ini juga menekankan kolaborasi sebagai kunci keberhasilan dalam mencapai target 5 juta entrepreneur di tahun 2045. Kerja sama antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, media, dan organisasi menjadi langkah penting dalam mempercepat perkembangan wirausaha.

Dalam kesempatan ini, Andi Hidayanto, P.hD., Direktur Utama LPDP, menyoroti pentingnya memiliki judul yang menarik dan bisnis yang baik, serta kemampuan berbahasa Inggris yang lancar. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi keunggulan tambahan bagi peserta dalam menjalankan bisnis internasional.

Workshop LPDP Business Competition 2023 #5ME2045 tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam mendorong generasi muda Indonesia untuk berwirausaha dan berkontribusi dalam memajukan negara.

Dengan adanya pendampingan, pemahaman, pelatihan, dan permodalan yang diberikan oleh LPDP, diharapkan peserta dapat meraih kesuksesan dalam berwirausaha dan menjadi bagian dari transformasi ekonomi Indonesia menuju tahun 2045.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?