LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta, (12/12/2022), Inkubator bisnis (Inkubiz) kembali menyelenggarakan pelatihan yang membahas mengenai testing business ideas. Pelatihan ini secara langsung dipandu oleh Manajer Inkubiz LPPM UPN “Veteran”Jakarta, M. Octaviano Pratama, S.Kom., M.Kom.

Testing business ideas bertujuan untuk mengulas dan menguji kembali ide bisnis yang dikembangkan. Ide bisnis yang baik ialah yang dapat diterima oleh pasar yang menjadi tujuan dan bisa menghasilkan pendapatan.

“Pada awal membangun bisnis memang tidak mudah jalannya, karena ada banyak keperluan yang musti diurus. Namun jika dijalani dengan konsisten, maka ke depannya bisa lebih lancar,” kata M. Octaviano Pratama, S.Kom., M.Kom

Manajer Inkubiz juga menambahkan bahwa menguji ide bisnis menjadi langkah awal yang penting bagi seorang pengusaha. Sebab, testing business ideas bisa memberikan gambaran dasar untuk perkembangan bisnis yang akan dijalani.

Kemudian, perintis usaha juga dapat membuat business model canvas yang berisikan mengenai target pasar, mitra, sumber daya, hubungan dengan pelanggan, hingga value dari produk/jasa yang akan ditawarkan.

“Setiap produk/jasa perlu memiliki nilai (value) tersendiri yang bisa membedakannya dengan produk lain. Value ini juga yang membuat konsumen menjadi tertarik untuk mencoba hingga berlangganan,” tambah M. Octaviano Pratama, S.Kom., M.Kom.

Selain nilai, jaringan juga menjadi kunci utama dalam mengembangkan bisnis. “Jaringan itu lebih mahal harganya karena dari jaringan kita bisa bertukar informasi dan saling belajar untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik,” tutur Manajer Inkubiz LPPM UPN “Veteran”Jakarta.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Tenant Inkubiz ini berlangsung secara terbuka. Setiap peserta dapat bertanya secara langsung dan berdiskusi dengan peserta lainnya mengenai kesulitan atau kelebihan yang dialami.

“Kita yang ada di sini satu Inkubiz, jadi saling membantu satu dengan lainnya. Jika membutuhkan makanan, bisa menggunakan usaha Tenant Inkubiz yang bergerak di bidang makanan. Begitu juga kalau memerlukan sabun, minuman, dan teknologi,” tutup M. Octaviano Pratama, S.Kom., M.Kom.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?