LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta (24/07/2023) – Dalam rangka memperkuat komitmen terhadap kesehatan global, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPNVJ berkolaborasi bersama dengan Global Health Focus mengadakan seminar yang diadakan pada 18 Juli 2023 lalu dengan mengusung tema “The Environmental Impact on Human Health: Climate Change and Natural Disasters”. 

Untuk pertama kalinya Global Health Focus menyelenggarakan rangkaian di Indonesia dan berkolaborasi dengan LPPM UPN “Veteran” Jakarta. Acara tersebut salah satunya yaitu Seminar Global Health yang bertemakan tentang kebencanaan. 

Dalam seminar ini akan membahas topik seputar kebencanaan dengan mengundang para peneliti, pakar, dan praktisi dalam berbagai bidang yang berkaitan langsung dengan isu kebencanaan dan dampaknya terhadap kesehatan manusia. Seminar ini dilakukan secara hyrbrid  dan dibuka untuk umum. Kegiatan seminar ini dibagi menjadi 2 sesi yang masing-masing sesi dihadirkan 3 narasumber. 

Dalam kegiatan ini, Rektor UPNVJ yaitu Dr. Anter Venus, MA.,Comm turut hadir dan memberikan kata sambutan serta menyampaikan rasa bangga bahwa UPN “Veteran” Jakarta menjadi yang pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Global Health Focus.

Narasumber pada sesi 1 yang dihadirkan dalam acara seminar ini diantaranya yaitu Prof. Don Eliseo Lucero Prisno III sebagai Founder Global Health Focus membawakan materi terkait dengan kebencanaan yang ditinjau dari perspektif global. Selanjutnya yaitu dr. Bagus Tjahjono, MPH sebagai Widyaiswara Senior Expert BNPB RI membawakan materi terkait dengan upaya pemerintah dalam pengurangan resikko dan penanggulangan bencana di Indonesia. Dilanjutkan dengan drg. Lenny Juniarta, M.Kes sebagai Administrator Ahli Kesehatan Madya Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI) Membawakan materi terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan krisis kesahatan. 

Pada sesi 2 dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Dr. Sonny Harry B Harmadi sebagai kepala divisi perubahan perilaku, satgas covid-19 yang membawakan materi terkait dengan Perubahan Iklim, Transisi Demografi, dan Potensi Pandemi di Indonesia serta Dampaknya. Lalu dilanjutkan dengan Desak Nyoman, S.Kp, MARS sebagai dosen UPNVJ yang membawakan materi Peningkatan Kapasitas Tenaga Kesehatan dalam Penanggulangan Resiko Bencana. Serta Dr.Ir. Eko Teguh, MT sebagai dosen UPNVY yang membawakan materi terkait dengan Keterlibatan Perguruan Tinggi dalam Pengurangan dan Penanggulangan Bencana di Indonesia.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?