LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan intrakurikuler Perguruan Tinggi yang memadukan dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sekaligus dalam satu kegiatan. Kegiatan KKN merupakan bagian integral dari kurikulum pada program strata satu (S1) yang mengintegrasikan pengalaman belajar mahasiswa dengan realitas kehidupan di masyarakat.

Kegiatan KKN tidak hanya sekedar sebagai aktivitas pengabdian dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah masyarakat saja, akan tetapi dikembangkan sebagai media efektif bagi mahasiswa untuk melakukan proses pembekalan diri dalam membantu memberdayakan masyarakat, dan institusi.

Kuliah Kerja Nyata BKS PTN Barat, adalah program dari Forum KKN BKS PTN Wilayah Barat dan Kemenristekdikti yang dilaksanakan secara bergantian dengan melibatkan semua perguruan tinggi di Indonesia wilayah barat, dan pada tahun ini, kegiatan KKN yang akan dikoordinir oleh Universitas Sumatera Utara juga mendatangkan mahasiswa dari Universitas di beberapa negara. Dengan demikian KKN Bersama tahun ini menjadi KKN Internasional sehingga mendukung ketercapaian Indikator Kinerja Utama dan meningkatkan potensi publikasi kegiatan di tingkat internasional sehingga menjadi rekognisi internasional.

KKN Bersama yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi BKS PTN Barat ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air, jiwa kebangsaan, dan patriotisme mahasiswa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan KKN juga merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa di luar kampus yang termasuk Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri ke 2 yaitu mahasiswa melakukan kegiatan di luar kampus dan dapat dikonversikan menjadi bagian dari pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kegiatan KKN Bersama Internasional oleh mahasiswa di lingkungan UPN Veteran Jakarta akan dilakukan di Sumatera Utara yaitu di Kabupaten Samosir dan Kabupaten Karo yang berlokasi di Pulau Samosir dan sekitar Danau Toba.  Mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan program di kegiatan tersebut yang lokasinya memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda yaitu pariwisata, kerajinan dan perkebunan untuk wilayah Samosir dan fokus program di Kabupaten Karo juga pariwisata, dan Perkebunan.

Rapat Koordinasi KKN BKS PTN Barat ini dilakukan selama 3 hari yaitu 6 – 9 Maret 2024 bertepatan di Hotel Le-Polonia, Kabupaten Karo, Medan. Perwakilan LPPM UPN “Veteran” Jakarta yang turut hadir dalam Rapat Koordinasi KKN BKS PTN Barat ini ialah Dr. Sri Lestari Wahyuningroem (Ketua LPPM UPN “Veteran” Jakarta), Dr. Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi (Sekretaris LPPM UPN “Veteran” Jakarta) serta Dr. Firlia Ayu Arini (Kepala Pusat PKM & KKN).

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?