LPPM
Share this info

Tiga dosen Program Studi Hubungan Internasional FISIP UPNVJ Jakarta mendiseminasikan penelitian di Waseda University di Tokyo, Jepang. Dalam peneliti tersebut, tiga dosen UPNVJ menggandeng Prof Miichi Ken, seorang Indonesianis yang berfokus pada kajian Islam dan politik di Kawasan Asia Tenggara. Ketiga dosen FISIP UPNVJ, adalah Dr. Musa Maliki sebagai peneliti utama, dibantu Jati Satrio, M.A. dan Dini Putri Saraswati, M.A. Penelitian mereka berjudul “Tracing the Development of Indonesian Muslim Scholars towards Western Discourse Post 9/11.” Diseminasi ini yang digelar pada 30 November 2023 di bawah skema Riset Kerja Sama Internasional UPN “Veteran” Jakarta (RIKIN UPNVJ). Dalam konteks ilmiah, diseminasi adalah proses menyebarkan hasil penelitian, temuan, atau inovasi ke masyarakat umum, baik melalui publikasi, presentasi, maupun aktivitas lainnya.

Dosen Komunikasi UPN Veteran Jakarta Mengajar di Universitas RUDN Rusia “Pemikir muslim Indonesia masih belum dapat mengarahkan agendanya sendiri secara independen. Mereka belum mampu memproduksi pengetahuan, seperti tentang kesetaraan gender, perubahan iklim, dan perkembangan teknologi,” ungkap Musa tentang hasil penelitiannya. Menanggapi paparan penelitian tersebut, Prof. Miichi menyampaikan bahwa dalam riset in, definisi tentang konsep Barat perlu diperkuat dan lebih dijelaskan secara rinci. “Perlu kehati-hatian dalam melakukan riset agar tidak terjebak pada generalisasi berlebihan yang dapat melemahkan argumen,” tuturnya. Para mahasiswa yang bergabung dalam diskusi juga mengajukan berbagai pertanyaan dan menanggapi paparan peneliti. Mereka adalah mahasiswa pascasarjana yang tergabung dalam seminar “Religions and Politics in Southeast Asia” yang diampu Prof. Miichi. Terdapat ketertarikan dari mereka untuk mengetahui pemikiran Islam di Indonesia terkait dengan konstelasi politik global yang memang belum cukup dikenal di Jepang. Diseminasi penelitian ini menunjukkan komitmen sivitas akademika FISIP UPNVJ dalam mengembangkan penelitian bertaraf internasional dan menjalin jejaring kerja sama riset dengan para peneliti tingkat global. Waseda University adalah universitas yang menempati ranking QS 200 top dunia sedangkan untuk bidang politik dan kajian Internasional menempati peringkat kedua. “Saya kira, kolaborasi internasional ini sudah sangat tepat dan perlu terus berlanjut ke depannya,” ujar Musa. Prof. Miichi menyambut baik kegiatan diseminasi dan menyatakan para mahasiswa mendapatkan banyak inspirasi dari diskusi yang berlangsung. Beliau juga mengapresiasi semangat peneliti UPNVJ yang jauh-jauh datang ke Jepang untuk membuat karya berkualitas.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 05 Desember 2023 – 21:37 WIB oleh Wahyono dengan judul “Tiga Dosen Hubungan Internasional FISIP UNPVJ Diseminasikan Penelitian di Universitas Waseda Jepang”. Untuk selengkapnya kunjungi:
https://edukasi.sindonews.com/read/1269203/211/tiga-dosen-hubungan-internasional-fisip-unpvj-diseminasikan-penelitian-di-universitas-waseda-jepang-1701785527

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
– Android: https://sin.do/u/android
– iOS: https://sin.do/u/ios

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?