LPPM
Share this info

LPPM UPN “Veteran” Jakarta (05/03/2024) – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan visibilitas penelitian ilmiah, sosialisasi dan capaian jurnal menjadi aspek penting. Capaian jurnal diukur melalui indikator seperti jumlah sitasi, faktor dampak, dan indeksasi di database ilmiah terkemuka. Dalam meningatkan kualitas serta capaian jurnal di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta, LPPM UPNVJ mengadakan kegiatan Indeksasi DOAJ yang dilakukan pada hari Senin, 05 Maret 2024. Diharapkan dalam kegiatan ini jurnal-jurnal di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta dapat bersaing di tingkat internasional dan menjadi sumber referensi yang kredibel dalam berbagai bidang penelitian.

Dalam kegiatan Indeksasi DOAJ ini dibimbing langsung oleh Bapak Dwi Fajar Saputra, MM selaku Associate Editor DOAJ. Dalam paparannya beliau menyampaikan rencana kerja bersama pengelola jurnal serta melakukan konsolidasi pengelola jurnal di Lingkungan UPN “Veteran” Jakarta. Selain itu, dalam kegaitan ini dibimbing juga oleh Bapak Ikhwan Arief, M.SC selaku Managing Editor DOAJ. Beliau merupakan Top Level Internasional DOAJ. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa DOAJ database dimanfaatkan oleh banyak pengindeks dan Data-Data jurnal di DOAJ ditarik ke Copernicus.

Dalam kegiatan ini pengelola jurnal juga melakukan simulasi jurnalnya dan langsung dibimbing oleh bapak Ikhwan Arief, M.Sc. Setelah simulasi dilakukan, para pengelola jurnal juga dapat langsung mengetahui beberapa hal yang harus dilengkapi di jurnal yang dikelola.

Peningkatan capaian jurnal di tahun 2024 merupakan langkah strategis untuk memperkuat infrastruktur penelitian dan publikasi ilmiah di Indonesia. Dalam kegiatan ini juga untuk mempercepat diseminasi pengetahuan ilmiah dan memperkuat posisi jurnal Indonesia khusunya UPN “Veteran” Jakarta di kancah Internasional. Dengan demikian, penelitian yang berkualitas dari Indonesia dapat mendapatkan pengakuan yang lebih luas dan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan global.

×

Hello

ada yang bisa kita bantu ? :)

× Perlu Bantuan?